Cara dan Komposisi Membuat Umpan Ikan Air Tawar

Cara dan Komposisi Membuat Umpan Ikan Air Tawar - Kegiatan mancing mampu dimasukkan dalam olahraga rekreasi yang disukai kalangan penghobi mancing ataupun orang kebanyakan. Mancing merupakan salah satu obat mujarab pereda penat dan stres alasannya yaitu aktifitas kerja setiap harinya. Memancing dapat dinikmati pada simpulan pekan bersama keluarga atau teman. Kecuali itu dapat pula diadakan bareng komunitas mancing mania. Pemancing mania pastinya tahu bahwa keberhasilan mendaratkan ikan terget salah satunya ditentukan oleh ketepatan pemilihan umpan. Umpan ditentukan dari spot memancing yang akan didatangi dan juga ikan yang ditarget. Bila memancing di perairan tawar maka digunakan pula umpan khusus air tawar. Jika di laut maka dipilih umpan khusus air laut. Berikut akan dibahas khusus mengenai umpan ikan air tawar.
Jenis ikan air tawar yang biasanya dijadikan target mancing yaitu : ikan Patin, Gurame, Bawal, Lele, Gabus, Mas, Udang Galah, Nila, Jaer, Baung dan sebagainya. Komposisi dan cara membuat umpan ikan air tawar tentu diadaptasi dengan ikan yang akan dipancing. Biasanya bahan-bahan yang sering digunakan yaitu : pelet, essen aneka aroma, pasta aneka rasa, telur, tepung Sagu, tepung Sagu, nasi, susu bubuk, vanilli, kroto, cacing, udang, ikan-ikan kecil, santan, deho, kelapa dan sebagainya.

Berikut Komposisi dan Cara Membuat Umpan Ikan Air Tawar Sesuai TargetTarget

ikan Mas untuk lomba

Bahan-bahan : umpan putih, 3 kuning telur bebek, 1 bungkus tepung Jagung, 1 bungkus pelet merek Pak Ikin, 1 bungkus santan Kara, 1 kaleng Deho, sepotong daging Tenggiri, 5 lembar daun pandan, 1 bungkus susu sachet, 1 bungkus vanili, 200 gram kroto dan 1/4 batang keju.
Cara membuat : lumatkan pelet Pak Ikin bersama kuning telur. Tepung jagung diseduh dengan sedikit air panas sementara santan dibuat menjadi pasta dengan cara dimasak dan kemudian ditambahkan vanili. Selanjutnya campurkan menjadi satu pelet Pak ikin, seduah tepung Jagung dan santan. Tambahkan parutan keju kemudian tuangkan susu dan aduk-aduk sampai merata. Deho dan ikan Tenggiri direndam menggunakan air panas selama 5 menit dan kemudian ditambahkan ke dalam adonan. Masukkan daun pandan dan kukus adonan selama 25 menit. Masukkan kroto sekitar 5 menit sebelum matang. Setelah 25 menit angkat adonan dan dinginkan.

Target ikan Bawal

Bahan-bahan : pelet merek apa saja, 5 lembar roti tawar, 1 bungkus roti rasa keju, essen stroberi sesuai keperluan.
Cara membuat : roti tawar dan roti rasa keju dibuang kulitnya kemudian dilumatkan dan dicampur pelet. Tambahkan sedikit air sampai lembek dan tuangkan essen stroberi, uleni sampai merata. Siap digunakan.

Target ikan Lele Galatama

Bahan yang digunakan hanya dua macam yaitu daging Sapi giling 200 gram dan 1 sendok makan Wijsman. Uleni kedua materi sampai merata dan umpan siap digunakan.

Target ikan Patin

Bahan-bahan : 5 helai roti tawar, 2 butir telur Bebek mentah, 1/2 sdt terasi udang, 500 gram pelet dan air panas secukupnya.
Cara membuat : telur belibis dikocok dan kemudian ditambahkan terasi udang. Masukkan juga pelet dan roti tawar. Tambahkan air panas seperlunya dan aduk sampai merata. Tiriskan adonan beberapa ketika dan umpan sudah mampu dipakai.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ini beliau Cara Memancing Ikan Tenggiri Agar Dapat Banyak

Beda Mancing Baronang Malam Hari dan Pagi Hari

Cara Memancing Ikan Kerapu Berikut Umpan Yang Digunakan