Jenis Umpan Mancing Ikan Tawes di Sungai

Jenis Umpan Mancing Ikan Tawes di Sungai - Ikan Tawes (Barbodes gonionotus) yaitu jenis ikan air tawar yang sering dikonsumsi masayrakat Indonesia. Ikan ekonomis ini memiliki rasa daging yang gurih sehingga sangat lezat bila dimasak dengan aneka macam cara. Tawes berukuran kecil umumnya dikeringan untuk dijadikan ikan asin. Sementara yang besar mampu dimasak apa saja baik itu digoreng, dibakar atau dipepes. Ikan asli perairan Indonesia ini banyak ditemukan di sungai-sungai di pulau Jawa. Selain itu ada juga yang hidup di rawa-rawa. Memancing ikan biasanya memilih spot di sungai dengan kondisi air yang jernih dan berarus.
Jenis Umpan Mancing Ikan Tawes di Sungai Jenis Umpan Mancing Ikan Tawes di Sungai

Ikan Tawes

Ikan Tawes akan cepat mati kalau habitatnya tercemar, keruh dengan kadar oksigen terlarut yang rendah. Di alam ikan ini mampu mencapai panjang 50 cm dengan bobot mencapai 2 kg, dan termasuk ikan herbivora pemakan tumbuh-tumbuhan mulai dari fitoplankton, beberapa jenis tumbuhan air maupun rerumputan dan tanaman talas yang tumbuh di erat sungai. Ikan ini pun suka memakan lumut yang biasa menempel di bebatuan di sungai. Sementara di kolam budidaya ikan ini diberikan pakan berupa pelet.

Umpan Mancing Iikan Tawes

Umpan mancing ikan Tawes di sungai biasanya menggunakan lumut. Akan tetapi memakai lumut di ekspresi dominan kemarau seringnya tak begitu efektif karena di dasar sungai sendiri biasanya tumbuh banyak lumut. Saat memancing Tawes di ekspresi dominan kemarau hendaknya memakai umpan pelet Tenggiri Belut. Sedangkan di ekspresi dominan hujan, umpan mancing di sungai memakai lumut biasanya sudah mencukupi. Akan tetapi dikala ekspresi dominan hujan, waktu paling sempurna memancing yaitu 2 hari sesudah banjir di sungai mereda. Kondisi banjir di sungai akan menimbulkan ikan Tawes menderita stres dan karenanya dia ogah makan. Dengan menunggu antara 2 sampai 3 hari maka Tawes akan kelaparan sehingga otomatis akan mencari makanan.

Spot Mancing

Untuk spot sungai kecil yang kemungkinan target di situ pun kecil, menggunakan joran spinning tak pas digunakan karena mampu menunjukkan sentakan yang cukup berpengaruh yang akan membuat verbal sobek dan akhirnya malah lepas. Gunakan saja joran tegek lentur sepanjang kurang lebih 270 cm. Pasang pelampung kayu berukuran 3 cm yang akan lebih sensitif dengan sentuhan ikan Tawes kecil. Kenur pun pilih yang kecil dan lentur. Ikan Tawes memiliki cara memakan umpan dengan disedot mulutnya. Kalau kenur cenderung kaku, karenanya umpan tak gampang terhisap seketika dengan begitu sulit terkena kail.

Untuk spot sungai yang besar, pemancing dapat memakai teknik memancing lempar dengan joran jenis antena. Tidak usah memakai pelampung namun gunakan saja lonceng jepit pada ujung joran. Agar makin mantap mampu dipasangkan beberapa kail berpelindung plastik ataupun batok kelapa sehingga umpan tak hanyut terseret arus. Pasang pula timah pemberat yang besar supaya kail dapat dilempar sejauh mungkin dan pelindung umpan berupa batok kelapa dapat karam sampai dasar sungai. Siap untuk mencoba mancing ikan tawes disungai,semoga sukses.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ini beliau Cara Memancing Ikan Tenggiri Agar Dapat Banyak

Beda Mancing Baronang Malam Hari dan Pagi Hari

Cara Memancing Ikan Kerapu Berikut Umpan Yang Digunakan