Cara Mancing Ikan Baung

Ikan Baung (Mystus Nemurus) memiliki hubungan dengan ikan Lele. Ikan yang ditemukan di perairan Cina selatan, India dan Asia Tenggara ini pun memiliki banyak sebutan lain misalnya ikan Baong di Malaysia, ikan Bawon di Betawi dan ikan Tageh di Jawa. Dia memiliki tubuh memanjang dengan kulit yang licin namun tidak memiliki sisik menyerupai halnya  ikan lain. bentuk kepala bernafsu dan terdapat 3 pasang sungut di seputar moncong. Sirip dada dan sirip punggung terdapat duri patil yang beracun. Bagian kepala dan tubuh bab atas warnanya coklat agak hitam sampai tengah tubuhnya, agak putih ke arah bawah tubuhnya.
 Ikan yang ditemukan di perairan Cina selatan Cara Mancing Ikan Baung

Cara Mancing Ikan Baung

Sekilas Tentang Mystus Nemurus

Ikan Baung biasa ditemukan di perairan air tawar menyerupai di sungai, danau maupun rawa-rawa. Bisa juga Ikan ini ditemukan di muara sungai dengan airnya yang payau. Memiliki kebiasaan berkelompok di dasar air dengan membuat daerah persembunyian berbentuk lubang di dasar perairan. Mystus Nemurus senang dengan daerah tersembunyi dan menunggu gelap sebelum beraktifitas. Sesudah gelap, ikan ini akan keluar sarang untuk mencari makan namun hanya di seputaran sarang dan secepatnya masuk kembali kalau muncul bahaya. Alam di habitatnya ikan Baung dikategorikan sebagai ikan pemakan semua atau omnivora. Akan tetapi ada pula yang mengelompokkannya ke dalam ikan karnivora alasannya lebih sering memangsa binatang air berukuran kecil misalnya ikan-ikan kecil, udang, serangga, remis dan keong.

Langkah Cara Memancing Target ikan

Namun cara mancing ikan Baung dengan spot di sungai umumnya menggunakan umpan berupa ramuan banyak sekali macam daging hewan busuk. Dalam memancing wilayah Sumatera Selatan biasanya digunakan umpan yang dinamakan kucur. Kucur yaitu umpan yang dibuat dari campuran usus ayam, isi perut ikan, telur itik dan kapas. Keempat materi tadi kemudian dicampurkan menjadi satu dan dibusukkan yang karenanya menghasilkan busuk menyengat busuk yang mampu menarik hati penciuman predator dalam air. Fungsi kapas sendiri berfungsi sebagai semacam perekat sehingga gampang dikaitkan ke kail. Demikian baunya umpan Kucur ini sehingga sebagian pemancing pun akan terganggu. Umpan mancing ikan Baung berupa Kucur ini sangat ampuh mendaratkan banyak ikan dan tak hanya ikan Baung saja.

Mancing Baung Sungai pertama-tama cari spot dimana beliau bersembunyi misalnya di bab lubuk yaitu bab sungai yang dalam dengan air yang tenang. Ambil sedikit umpan Kucur (berbentuk kapas), kemudian lilitkan kapas tersebut ke kail layaknya memasang umpan berupa lumut. Tahan napas bagi mereka yang tak tahan dengan busuk busuk umpan yang sangat tajam. Lalu lemparkan umpan ke area yang diduga terdapat ikan Baung yang bersembunyi. Biasanya tak berapa lama umpan akan disambar oleh rakus ini yang termakan dengan busuk umpan menyengat itu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Beda Mancing Baronang Malam Hari dan Pagi Hari

Ini beliau Cara Memancing Ikan Tenggiri Agar Dapat Banyak

Cara Memancing Ikan Kerapu Berikut Umpan Yang Digunakan