Tips Umpan dan Cara Mancing Belanak

Tips Umpan dan Cara Mancing Belanak - Ikan Belanak (Mugil chepalus) kerap dipakai para pemancing untuk umpan ikan jenis Predator. Namun ikan yang satu ini pun dapat dipilih sebagai target utama mancing dengan sensasi yang tak kalah dengan ikan lainnya. Tidak sedikit para pemancing yang mengalah ketika memancing ikan ini alasannya mereka tak tahu betul karakternya. Ikan Belanak memiliki 2 habitat yaitu ketika akan bertelur akan bermigrasi ke laut, sedangkan ketika cukup umur ikan ini akan kembali ke sungai. Ikan Belanak seringkali tak tertarik dengan segala macam umpan sekalipun itu berupa umpan jitu.

Cara Mancing Belanak Butuh Pengetahuan Mmengenai Hal-hal Berikut

Arus air

Ikan Belanak biasanya berselera makan ketika sebelum air laut pasang atau ketika sesudah air laut surut.

Kekuatan angin

Bila angin sedang damai umumnya ikan Belanak akan sering berada di permukaan air. Sehingga cara mancing ikan Belanak mampu menggunakan joran tegeg yang dilengkapi pelampung. Bila angin sedang bertiup kencang maka lebih aman menggunakan teknik mancing dasaran.

Hujan

Bila cuaca sedang hujan biasanya akan mengirimkan lumpur yang mengeruhkan air di muara sebagai habitat ikan Belanak. Kondisi demikian tak akan efektif kalau tetap memncing ikan Belanak ini. Namun kalau hanya gerimis dan air tidak keruh, ini merupakan ketika yang sempurna mancing ikan Belanak alasannya mereka sedang kelaparan.

Umpan

Untuk umpan mancing Belanak, beberapa pemancing memakai tepung terigu yang dimasak dan ditambahkan kuning telur, mentega atau susu. Umpan ini sangat jitu alasannya sekaligus juga dapat digunakan sebagai umpan bom untuk menarik perhatian ikan Belanak. Umpan lain yang mampu juga digunakan dan cukup murah yaitu roti tawar. Cukup dengan menancapkan bagian roti tawar ke kail selanjutnya sedikit ditekan sehingga roti lengket ke kail. Bisa juga dibuat adonan terlebih dulu dengan menambahkan sedikit air dan kemudian diuleni.

Berikut Umpan Jitu Mancing Ikan Belanak Yang Bisa Dibuat
Bahan-bahan : 1/2 kilo tepung gandum, 2 butir telur ayam, 4 sdm mentega, 10 sdm garam, air secukupnya, essen. Mula-mula mentega dilelehkan. Tambahkan garam, essen dan 250 ml air. Tambahkan telur dan larutan garam-essen ke gandum sedikit demi sedikit sambil terus diuleni hingga adonan menjadi kalis. Adonan kemudian dikukus 3 menit kemudian angkat. Adonan kemudian ditumbuk ketika masih panas hingga menjadi dingin. Umpan siap digunakan.

Mata kail

Gunakan mata kail ukuran kecil namun kuat. Dapat menggunakan ukuran nomer 3.

Joran

Bisa digunakan joran tegeg sebab ikan Belanak biasanya hanya berenang di pinggiran saja dan juga huruf makan yang cepat. Pilih joran tegeg dengan karakteristik fast tapper yang umumnya terbuat dari material carbon.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ini beliau Cara Memancing Ikan Tenggiri Agar Dapat Banyak

Beda Mancing Baronang Malam Hari dan Pagi Hari

Cara Memancing Ikan Kerapu Berikut Umpan Yang Digunakan