Umpan Mancing Ikan Bawal Malam Hari

Umpan Mancing Ikan Bawal Malam Hari -Kebanyakan pemancing pasti tahu bila ikan Bawal termasuk ikan dengan aksara bernafsu dan sebagai ikan predator. Memiliki gigi yang amat tajam sekaligus juga berpengaruh dikala mencabik mangsa. Di habitatnya ikan ini senang hidup berkelompok sama menyerupai ikan Tawes dan ikan Nila. Ikan Bawal babon dapat mencapai berat sampai 20 kilo. Sensasi mancing ikan Bawal diperoleh ketika ikan ini mulutnya tersangkut kail maka ia akan berusaha melepaskan diri dengan melompat dari dalam air seperti akan terbang. Ikan Bawal gerakannya cukup gesit dan mampu dimasukkan sebagai ikan yang mampu mengingat rasa sakit dikala tertancap kail sehingga di kesempatan lain ia akan menghindar bila melihat senar pancing.

Mengenal Ikan Bawal

Ikan Bawal memiliki bentuk badan pipih dengan sisik kecil-kecil dan kepala membulat serta lubang hidung agak besar. Ikan bernilai ekonomis tinggi ini sering berada di dasar perairan. Ikan ini memiliki kebiasaan bila sudah cocok dengan suatu lingkungan maka ia akan cenderung kemabli lagi ke situ meski sebelumnya telah menjelajah ke mana-mana. Ikan Bawal dalam hal makanan cenderung bersifat omnivora atau memangsa apa pun dari jenis tumbuhan maupun hewan. Sementara dikala ikan masih kecil condong ke sifat karnivora yang senang memburu udang-udang kecil, teritip, lobster, serangga air dan kelompok molusca.

Tempat Mancing Ikan Bawal


Memancing ikan Bawal mampu memilih spot di sungai, maupun waduk dan mampu dilakukan baik di pagi, siang, sore ataupun di malam hari. Untuk umpan mancing ikan Bawal malam hari bekerjsama hampir sama saja dengan mancing di pagi hari. Di malam hari ikan Bawal akan menggunakan indera penciumannya untuk mendeteksi eksistensi umpan. Sehingga lebih jitu bila mancing di malam hari digunakan umpan dengan aroma tajam baik wangi maupun amis. Umpan yang mampu digunakan antara lain cuilan tempe mentah, udang atau cacing (saat mancing malam hari gunakan cacing pospor). Bisa juga digunakan umpan racikan sendiri menggunakan materi pelet ditambah aroma essen beraroma tajam menyerupai essen Tenggiri, Melon dan Vanilla.

Umpan mancing Bawal malam hari pun mampu menggunakan cuilan hati ayam, cuilan usus ayam dan anak lebah. Namun satu hal yang harus diperhatikan yaitu umpan yang digunakan harus diganti-ganti bila memang memancing di spot yang sama secara berulang-ulang. Ikan Bawal cenderung mampu mendeteksi bila menggunakan umpan yang sama berkali-kali. Pakai kenur yang kecil namun tak gampang putus. Sambungkan dengan kenur jenis PE kurang lebih sepanjang 4 cm ke kail. Kenur berdiameter kecil dimaksudkan agar ikan Bawal tidak mampu melihat kenur dikala di dalam air. Sementara kenur jenis PE digunakan agar tak gampang putus dikala tercacah gigi tajam ikan Bawal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ini beliau Cara Memancing Ikan Tenggiri Agar Dapat Banyak

Beda Mancing Baronang Malam Hari dan Pagi Hari

Rahasia Umpan Mancing Ikan Gurame di Kolam