Rahasia Umpan Mancing Ikan Gurame di Kolam

Rahasia Umpan Mancing Ikan Gurame di Kolam - Ikan Gurami (Osphronemus gouramy) ialah ikan air tawar dengan pertumbuhan yang cukup lambat. Meski begitu ikan ini memiliki tekstur daging yang kesat dan rasanya yang sangat lezat dan gurih. Wajar jikalau di pasar ikan Gurame harganya agak mahal jikalau dibandingkan jenis ikan lain. Ikan Gurame pun mudah untuk dibudidayakan baik di kolam, empang atau cukup menggunakan penampungan dari terpal. Ikan Gurame ialah primadona ikan budidaya air tawar. Mancing dengan target ikan Gurame sering dilakukan di kolam-kolam pemancingan.

Rahasia Umpan Mancing Ikan Gurame di Kolam Rahasia Umpan Mancing Ikan Gurame di Kolam
Umpan Mancing Ikan Gurame di Kolam

Ikan Gurame mempunyai ciri badan pipih melebar hingga 2 kali dari panjang tubuhnya. Mulut kecil posisinya miring dan dapat dimonyongkan. Ikan yang mulai dikenal sekitar tahun 1800 ini memiliki habitat asli rawa-rawa dengan kondisi air yang tenang. Kebiasaannya yang berenang naik turun sehingga ikan ini suka dengan perairan yang agak dalam. Ikan Gurame tergolong sebagai ikan Omnivora atau pemakan segala namun di alam lebih condong sebagai herbivora atau pemakan tumbuhan dan juga materi organik yang mengendap di dasar perairan.

Umpan mancing ikan Gurame di kolam biasanya dibuat dari daun-daunan menyerupai daun singkong, daun talas, daun pepaya, daun ubi jalar dan jenis daun lainnya. Namun begitu ikan Gurame pun mau juga memakan umpan ulat bambu, laron, ulat sutra, jangkrik, belalang dan kroto. Umpan lain yang dibut dari materi pelet pun mampu digunakan menyerupai resep umpan mancing ikan Gurame berikut.

Umpan Mancing Ikan Gurami Kolam


Umpan ikan Gurame kolam I

Sediakan 1/2 gelas pelet 781-2 SP kemudian masukkan 1 butir telur rebus diambil kuningnya saja. Masukkan juga 2 sdt madu dan tuangkan air seperlunya. Campur dan uleni merata semua materi hingga pulen dan kemudian adonan siap dibentuk bulatan kecil untuk dipasangkan di kail.

Umpan ikan Gurame kolam II

Sediakan ubi jalar rebus ukuran sedang. Masukkan 2 kuning telur rebus dan tambahkan juga 2 sdm madu plus 1/4 gelas pelet ikan Koi. Sesudah itu uleni semua materi menggunakan bejana plastik, tambahkan air secukupnya sehingga adonan menjadi pulen dan mudah dibentuk namun tak mudah hancur jikalau dimasukkan ke air. Buat bulatan-bulatan kecil sesuai dengan bukaan verbal ikan Gurame.

Hal lain yang harus diperhatikan dikala mancing ikan Gurame ialah memilih waktu di pagi hari atau dikala udara sejuk. Mancing ikan ini memerlukan lingkungan yang tenang, tak banyak gerakan dan juga tak berisik karena ikan Gurame ialah salah satu jenis ikan peka. Rangkaian pancing yang digunakan cukup satu kail dengan cara digantung berjarak sekitar 30 cm dari pelampung menggunakan pemberat timah. Namun dapat juga menyiapkan umpan yang mengapung di permukaan air.

Baca juga : Umpan Mancing Ikan Nila Liar

Komentar

  1. Mengenal Lebih Dekat Beberapa Jenis Ikan Populer: Lele, Mas, Cupang, Gurame, Nila, dan Koi

    Pendahuluan:
    Dalam dunia perikanan, terdapat berbagai jenis ikan yang populer di kalangan penggemar akuarium dan juga dikonsumsi sebagai sumber pangan. Dalam artikel ini, kita akan mengenal lebih dekat beberapa jenis ikan yang memiliki daya tarik sendiri, antara lain ikan lele, ikan mas, ikan cupang, ikan gurame, ikan nila, dan ikan koi. Mari kita eksplorasi lebih lanjut tentang keunikan dan karakteristik masing-masing jenis ikan ini.
    Umpan Gurame Musim Hujan

    1. Ikan Lele:
    Ikan lele (Clarias sp.) merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang populer.( Umpan Mancing Ikan Lele )Lele dikenal karena pertumbuhannya yang cepat dan kemampuannya untuk beradaptasi dalam berbagai kondisi perairan. Ikan ini memiliki bentuk tubuh yang panjang dan licin dengan warna yang bervariasi, mulai dari abu-abu hingga kecokelatan.( pakan lele tanpa modal )Lele juga dikenal sebagai ikan pemakan segala, karena mereka memiliki sifat omnivora dan dapat menerima berbagai jenis pakan.
    Budidaya Ikan Cupang

    2. Ikan Mas:
    Ikan mas (Cyprinus carpio) adalah salah satu jenis ikan air tawar yang paling umum dan dikenal di dunia. Ikan ini memiliki tubuh yang bulat dan pipih, dengan warna yang bervariasi seperti oranye, merah, dan putih. Ikan mas dikenal karena ketahanannya yang baik terhadap berbagai kondisi lingkungan, serta pertumbuhannya yang cepat. Ikan mas sering dipelihara di kolam dan akuarium, dan juga menjadi ikan konsumsi yang populer.


    3. Ikan Cupang:
    Ikan cupang (Betta splendens) merupakan ikan hias yang terkenal dengan keindahan siripnya yang berwarna-warni dan bentuk tubuh yang elegan. Ikan ini memiliki sifat agresif terhadap sesama jenisnya, sehingga sering dipelihara dalam wadah terpisah. Cupang adalah ikan tipe pernapasan dengan labirin, yang memungkinkan mereka untuk mendapatkan oksigen dari udara. Cupang ditemukan dalam berbagai varietas, termasuk cupang hias, cupang adu, dan cupang liar.

    4. Ikan Gurame:
    Ikan gurame (Osphronemus gouramy) adalah salah satu jenis ikan air tawar yang populer di Asia Tenggara. Ikan ini memiliki tubuh yang besar dan gepeng, dengan sirip yang panjang. Gurame dikenal karena dagingnya yang lezat dan teksturnya yang kenyal. Ikan ini juga memiliki kebiasaan makan yang omnivora, sehingga dapat diberi makanan berbasis tumbuhan maupun hewan. Gurame sering dipelihara di kolam atau wadah yang cukup besar.

    5. Ikan Nila:
    Ikan nila (Oreochromis niloticus) adalah salah satu jenis ikan air tawar yang paling penting dalam budidaya perikanan di dunia. Nila memiliki tubuh yang gepeng dan pipih, dengan warna biru kehijauan yang khas. Ikan ini memiliki pertumbuhan yang cepat dan toleransi yang baik terhadap kondisi perairan yang berbeda. Nila juga memiliki rasa daging yang lezat, sehingga sering dijadikan ikan konsumsi.

    6. Ikan Koi:
    Ikan koi (Cyprinus carpio haematopterus) adalah jenis ikan mas yang memiliki warna dan pola yang sangat indah. Koi dikenal karena keindahan dan variasi warna serta corak yang unik. Mereka sering dianggap sebagai simbol keberuntungan, dan menjadi favorit di dunia akuarium. Ikan koi dapat tumbuh besar dan membutuhkan perawatan khusus untuk mempertahankan keindahan warna dan kesehatannya. jenis jenis ikan koi

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ini beliau Cara Memancing Ikan Tenggiri Agar Dapat Banyak

Beda Mancing Baronang Malam Hari dan Pagi Hari

Cara Memancing Ikan Kerapu Berikut Umpan Yang Digunakan