Jenis Umpan dan Cara Mancing Ikan Kerapu

Jenis Umpan dan Cara Mancing Ikan Kerapu - Ikan Kerapu (Grouper fish) yakni salah satu spesies ikan air laut yang seringnya berada di hamparan terumbu karang atau rumpon yang sengaja diletakkan di dasar laut. Ikan Kerapu mempunyai tampilan badan berwarna gelap yang dihiasi dengan totol-totol di sekujur tubuhnya. Ikan ini memanfaatkan lukisan tubuhnya tersebut untuk penyamaran atau kamuflase ketika sedang mencari mangsa. Ikan Kerapu memiliki habitat asli berupa perairan dengan terumbu karang, dia tak sering bepergian jauh-jauh dari habitatnya tersebut. 

Jenis Umpan dan Cara Mancing Ikan Kerapu Jenis Umpan dan Cara Mancing Ikan Kerapu

Ikan ini bukan termasuk ikan garang dan sangat jarang mengejar mangsanya bila memang tak benar-benar sedang lapar atau wilayah kekuasaannya sedang diganggu musuh.Ikan yang satu ini terkenal sebagai salah satu jenis ikan konsumsi favorit karena rasa dagingnya yang gurih dengan tekstur daging yang lembut. Tidak sedikit kalangan angler yang menargetkan ikan ini dikala sedang memancing di laut.

Cara mancing ikan Kerapu biasanya digunakan teknik dasaran atau istilahnya bottom fishing. Pertama kali yang harus dilakukan yakni menyiapkan umpan. Umpan mancing mampu berupa kepingan daging ikan tongkol, kepingan daging cumi,udang utuh yang kecil atau kepingan ikan jenis lain. Jika sedang kelaparan, segala macam umpan yang diberikan pasti akan disambarnya alasannya abjad ikan ini termasuk ikan yang rakus. Dengan syarat umpan tadi mampu mengeluarkan kedaluwarsa bau tentu akan membangkitkan nafsu makannya. Bila menginginkan umpan hidup maka mampu digunakan udang hidup, selar hidup, ikan banyar dan ikan jenaha kecil.

Sementara bila ingin menggunakan umpan buatan, pemancing dapat memilih minnow dengan pengecap panjang alasannya tipe lure yang satu ini mampu menyelam lebih dalam untuk mendekati kawasan bersembunyi ikan Kerapu. Dan bila targetnya yakni ikan Kerapu babon, gunakan umpan hidup yang juga berukuran besar sebagai penariknya.

Cara mancing mampu dengan menggunakan teknik casting dapat dilakukan cukup dengan berdiri di tepi pantai yang banyak dijumpai terumbu karang. Akan sulit ditemukan bila kondisi dasar berupa hamparan pasir atau lumpur. Memancing ini perlu teknik tersendiri alasannya ikan ini mempunyai tenaga berpengaruh dikala mereka menunjukkan perlawanan pada dikala tarikan pertama hinga ahir bila berhasil. Karena struktur tubuhnya yang agak lingkaran sehingga sangat terasa berat sekali ketika kita menerima perlawanan ikan dikala terjadi strike. Saat pertama terjadi perlawanan yakni dikala menentukan keberhasilan mendaratkan target ini.


Bila umpan mancing hingga dibawa ke dalam sarangnya maka akan sulit bagi angler untuk mampu menarik keluar ikan Kerapu dari sana. Ikan Kerapu mempunyai ekor berpengaruh yang digunakan berpegangan ke sarang dengan cara dibengkokkan dikala pemancing menariknya keluar dari sarang atau kawasan persembunyiannya. Saat ikan Kerapu sudah masuk sarang maka pemancing mesti tabah menunggu hingga ikan ini mau keluar dari rumahnya yaitu ketika tenaga yang dimilikinya sudah habis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ini beliau Cara Memancing Ikan Tenggiri Agar Dapat Banyak

Beda Mancing Baronang Malam Hari dan Pagi Hari

Cara Memancing Ikan Kerapu Berikut Umpan Yang Digunakan