Jenis Umpan Mancing Ikan Nila Liar Yang Jitu

Umpan Mancing Ikan Nila Liar  - Ikan Nila (Oreochromis niloticus) termasuk salah satu jenis ikan air tawar yang sangat mudah dalam perkembangbiakannya. Ikan yang berasal dari Afrika ini banyak ditemukan di banyak sekali jenis perairan di Indonesia mirip di waduk-waduk, sungai, rawa, empang dan juga dibudidayakan di kolam-kolam pembesaran. Ikan Nila liar biasanya dijadikan sebagai target mancing para mancing mania. Ikan yang memiliki rasa daging yang cukup gurih ini bersifat omnivora atau mau makan apa saja yang diberikan.

 termasuk salah satu jenis ikan air tawar yang sangat mudah dalam perkembangbiakannya Jenis Umpan Mancing Ikan Nila Liar Yang Jitu

Namun umpan mancing ikan Nila liar maupun di bak paling jitu memang menggunakan lumut. Untuk lumut boleh menggunakan yang masih ranum atau yang sudah tua. Terpenting pilih lumut yang cukup panjang sehingga gampang dikaitkan di kail.

Jenis Lumut Ikan Nila ini Dibedakan Menjadi 3 Grup

Lumut bertekstur halus

Memiliki helaian yang kecil mirip kapas. Satu ini sangat disukai oleh ikan Nila ukuran kecil atau anakan. Untuk itu biar ikan Nila kecil tak ikut mengerubuti umpan mancing kita, tambahkan sedikit sampo cair ke lumut halus ini.

Lumut bertekstur pertengahan

Memiliki helaian yang merupakan campuran antara garang dan halus.

Lumut bertekstur kasar

Memiliki bentuk helaian yang cenderung besar-besar mirip helaian sapu ijuk. Lumut jenis ini sangat cocok digunakan di jadiakan umpan mancing untuk menargetkan ikan Nila babon. Lumut jenis ini cenderung kaku sehingga agak sulit kalau dililitkan ke kail. Untuk itu tambahkan sejumput garam dan campurkan merata ke lumut, biarkan beberapa ketika hingga tekstur lumut menjadi lembut.

Cara Penanganan Lumut Umpan Mancing Nila Liar

Lumut  pun butuh penanganan khusus biar tak rusak dan membusuk sebelum digunakan sebagai umpan mancing. Untuk itu tempatkan lumut ke dalam wadah ember, tambahkan air secukupnya. Lindungi dari terkena sengatan matahari eksklusif biar kekal kesegarannya. Penambahan banyak sekali materi pemanis mirip essen, vanilli, masako atau materi lain membuat lumut tak mampu bertahan lama dan cepat membusuk. Penggunaannya mampu polosan hanya lumut saja atau diberikan sedikit aroma mirip essen Choya, essen cocopandan, essen stroberi dan lainnya.

Umpan mancing Nila Liar lainnya yang juga patut dicoba yaitu mi instan diremuk hingga lembut, kemudian ditambahkan kuning telur belibis dan diaduk rata hingga diperoleh tekstur yang kenyal biar mampu lengket di mata kail dengan kuat. Selanjutnya tinggal jumput sedikit adonan dan dipasangkan ke kail. Beberapa pemancing lain menggunakan cacing sebagai umpan ikan Nila. Biasanya dipilih jenis cacing merah yang mampu diperoleh dengan membeli atau mencarinya di sawah.

Cara mancing ikan Nila liar mampu umumnya digunakan teknik glosor dimana kail dan umpan berada di dasar perairan. Namun ada juga yang memakai teknik semi casting menggunakan pelampung dengan umpan diberikan akar enceng gondok kecil dan diseret pelan-pelan di permukaan air.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ini beliau Cara Memancing Ikan Tenggiri Agar Dapat Banyak

Beda Mancing Baronang Malam Hari dan Pagi Hari

Cara Memancing Ikan Kerapu Berikut Umpan Yang Digunakan